Judul
Skripsi : Pengaruh Metode
Resitasi Terhadap Hasil Belajar IPA Di SDN Pulo Gebang 04 Pagi Jakarta Timur
Penulis : Ika Suhardiyana (NPM : 200641500038)
Program
Studi : Pendidikan Biologi
Tempat : Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) Jakarta
1.
Jenis penelitiannya adalah penelitian Quasi
Eksperimen, karena percobaan semu dan evaluasi percobaan dilakukan untuk
menguji metode mana yang lebih baik dan lebih unggul untuk diterapkan. Pelaksanaan
percobaan pada dua kelas yang berbeda dengan dua perlakuan yang berbeda yaitu
kelas V-A diajar dengan metode Resitasi dan kelas V-B diajar dengan metode
Konvensional.
2.
Tujuan dari penelitiannya adalah untuk
menganalisis pengaruh hasil belajar menggunakan metode Resitasi terhadap hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada pokok bahasan “Alat Pernafasan
Manusia”.
3.
Berdasarkan pengumpulan datanya yaitu :
a.
Observasi, yaitu suatu teknik untuk
mengamati secara langsung ataupun tidak langsung terhadap kegiatan-kegiatan
yang dilaksanakan.
b.
Lembar kerja siswa, yaitu tugas yang
diberikan kepada siswa yang hasilnya harus dipertanggung jawabkan atau
dilaporkan (resitasi).
c.
Lembar evaluasi, yaitu tes ulangan harian
pada topik sistem pernafasan dengan soal pilihan ganda.
4.
Disain penelitian yang dilakukan adalah
dengan memberikan dua perlakuan yang bebeda yang dinamakan kelompok kelas
eksperimen (kelas V-A) dan kelompok kelas kontrol (kelas V-B).
5.
Data yang diambil bersifat kuantitatif,
dengan mengambil dua populasi yaitu :
a.
Populasi target : objek penelitian yang
ditargetkan adalah seluruh siswa SD Negeri Pulo Gebang 04 Pagi dari kelas I
(A-B) sampai dengan kelas VI (A-B) yang berada di wilayah Cakung Jakarta Timur.
b.
Populasi terjangkau : sesuai dengan judul
penelitian, siswa yang di tunjuk adalah siswa kelas V SDN Pulo Gebang 04 Pagi
tahun pelajaran 2010/2011. Dengan jumlah siswa kelas V-A sebanyak 39 siswa dan
kelas V-B sebanyak 40.
6.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah teknik klaster atau cluster
sampling. Di dasarkan pada kelompok, yaitu kelompok kelas eksperimen
diambil dari kelas V-A dan kelompok kelas kontrol yaitu kelas V-B.
7.
Variabel penelitian yang digunakan adalah :
Variabel bebas (X) :
Metode Resitasi
Variabel terikat (Y) :
Hasil belajar IPA
8.
Sumber data dari penelitian ini adalah :
Variabel
bebas : berasal dari dokumen kepustakaan dengan
mempelajari sejumlah referensi yang ada hubungannya dengan masalah penelitian.
Variabel
terikat : yaitu siswa dari kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Data yang di analisis adalah soal IPA pada lembar evaluasi
mata pelajaran IPA kelas V pada Bab Sistem Pernafasan Manusia tahun pelajaran
2010/2011.
9.
Menurut saya pada Bab I sudah mencakup
semua kriteria dalam penelitian, seperti Latar belakang, Identifikasi Masalah,
Pembatasan Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, dan Kegunaan
Penelitian.
10.
Menurut saya pada Bab II materi yang
disampaikan terhadap permasalahan yang di ambil belum semuanya terpenuhi dengan
kriteria yang dibutuhkan. Dimana teori yang disampaikan masih sedikit referensi
pendukungnya terutama mengenai metode Resitasi.
11.
Menurut saya pada Bab III sudah memenuhi
kriteria penulisan ilmiah, karena pada Bab Metodologi Penelitian ini, penulis
menjabarkan cara-cara yang dilakukan pada saat pengambilan data, teknik
pengambilan data dan proses pengambilan datanya cukup baik.
12.
Menurut saya pada Bab IV Hasil Penelitian
dan Pembahasan ini, penulis sudah bagus dalam melakukan pengolahan data serta
menjelaskan secara detil mengenai objek yang diteliti, serta penjabaran yang
dilakukan sangat baik dan sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan kepada
pembaca.
13.
Menurut saya pada Bab Kesimpulan dan Saran
ini, penulis sudah sangat jelas menyimpulkan semua yang telah dilakukan dalam
penelitian terlihat dengan sudah menjawab tujuan penelitian yang ada pada Bab
I.
14.
Berdasarkan Analisa saya secara
keseluruahan terhadap Tugas Akhir atau Skripsi ini adalah :
a.
Sudah memenuhi syarat suatu penelitian
b.
Sudah sesuai dengan langkah-langkah metode
penelitian, walaupun di Bab II teori yang disajikan masih sangat minim dalam
hal memberikan teori pendukung terutama untuk metode Resitasi.
c.
Cara penyampaian kepada pembaca mengenai
isi penelitian ini sangat bagus, karena sangat mudah dimengerti dan dipahami
kepada pembaca.
0 komentar:
Posting Komentar