Minggu, 12 Januari 2014

ASPEK KOMUNIKASI, ORGANISASI & KEPEMIMPINAN


    I.        Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan komunikasi nonverbal (menggelengkan kepala, tersenyum, dsb).


 II.        Unsur-unsur komunikasi
1.     Sumber
2.    Komunikator
3.    Pesan
4.    Channel/ Saluran
5.    Komunikasi
6.    Efek
7.    Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi

III.        Bagaimana menyalurkan ide melalui komunikasi
Dalam menyalurkan solusi dan ide melalui komunikasi harus ada si pengirim berita (sender) maupun si penerima berita (receiver). Solusi-solusi yang diberikan pun tidak diambil seenaknya saja, tetapi ada penyaringan dan seleksi, manakah solusi yang terbaik yang akan diambil, dan yang akan dilaksanakan oleh organisasi tersebut agar mencapai tujuan, serta visi, misi suatu organisasi.

 IV.        Hambatan-hambatan komunikasi
Ada tiga aspek hambatan-hambatan dalam komunikasi, yaitu:
1.     Hambatan Fisik (cacat pendengaran (tuna rungu), tuna netra, tuna wicara)
2.    Hambatan Semantik (hambatan mengenai bahasa, baik bahasa yang digunakan oleh komunikator, maupun komunikan)
3.    Hambatan Psikologis (merupakan unsur-unsur dari kegiatan psikis manusia)

    V.        Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
1.     Dari segi sifatnya
a)    Komunikasi lisan
b)   Komunikasi Tulisan
c)    Komunikasi Verbal
d)   Komunikasi Nonverbal
2.    Dari segi arahnya
a)    Komunikasi kebawah
b)   Komunikasi keatas
c)    Komunikasi horizontal
d)   Komunikasi diagonal
3.    Menurut lawannya
a)    Komunikasi satu lawan satu
b)   Komunikasi satu lawan banyak
c)    Komunikasi kelompok lawan kelompok

 VI.        Faktor – faktor perubahan Organisasi
1.     Faktor Internal, contohnya:
a)    Problem hubungan antar anggota
b)   Problem dalam proses kerjasama
c)    Problem keuangan
d)   Perubahan kebijakan lingkungan
e)   Perubahan tujuan organisasi
f)    Perluasaan wilayah operasi tujuan organisasi
g)   Volume kegiatan yang semakin bertambah banyak
h)   Sikap dan perilaku dari anggota organisasi
2.    Faktor Eksternal, contohnya:
a)    Politik
b)   Hukum
c)    Kebudayaan
d)   Teknologi
e)   SDA
f)    Demografi
g)   Sosiologi

VII.        Proses perubahan
1.     Mengadakan pengkajian
2.    Mengadakan identifikasi
3.    Menetapkan perubahan
4.    Menentukan strategi
5.    Melakukan evaluasi

VIII.        Ciri-ciri pengembangan Organisasi
1.     Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional
2.    Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi
3.    Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi
4.    Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting
5.    Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, dan interdependensi
6.    Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi

IX.        Metode pengembangan organisasi
1.     Sensitivity training
2.    Team building
3.    Survey feedback
4.    Transcational analysis
5.    Intergroup activities
6.    Consultation process
7.    Grip
8.    Third party

   X.        Pengertian Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. 

XI.        Tipe-tipe Kepemimpinan
1.     Tipe kepemimpinan kharismatis
2.    Tipe kepemimpinan paternalistis/maternalistik
3.    Tipe kepemimpinan otokratis
4.    Tipe kepemimpinan militeristik
5.    Tipe kepemimpinan laissez faire
6.    Tipe kepemimpinan populistis
7.    Tipe kepemimpinan administratif/eksekutif
8.    Tipe kepemimpinan demokratis

XII.        Teori-Teori Kepemimpinan
1.     Teori sifat
2.    Teori perilaku
3.    Teori situasional.



 
--> SUMBER-SUMBER:

0 komentar:

Posting Komentar