DEFINISI
EKSEKUTIF
Eksekutif
adalah manajer tingkat yang lebih rendah yang berada pada tingkat yang lebih
atas. Maksudnya adalah pemegang jabatan tertinggi dalam perusahaan atau administrator yang diberi tanggung jawab untuk
mengatur keseluruhan suatu organisasi.
Martineau
mengatakan bahwa pekerjaan manajer akan berubah secara drastis jika ia telah
menjadi manajer puncak (eksekutif), dan manajer tersebut harus menyesuaikan
keadaan atau perubahan tersebut.
Perusahaan
yang hanya menggunakan Sistem Infromasi Organisasi maka manajer puncak akan
menerima seluruh informasinya dari subsistem fungsional dan manajer tidak perlu
menyaring dan mensisntesa data yang menjadi bentuk berarti baginya. Sebagai
cara untuk meringankan manajer tersebut dalam melakukan pekerjaannya maka
diciptakannya Sistem Informasi Eksekutif.
Siapa yang disebut Eksekutif ?
Istilah
Eksekutif digunakan untuk mengidentifikasikan manajer tingkat puncak yang
mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perusahaan yaitu semua manajer yang
berada pada tingkat perencanaan strategis.
Jika
Organisasinya adalah korporasi maka Eksekutif tingkat puncak adalah pimpinan
dalam dewan tersebut. Yang memberikan laporan kepada Dewan adalah Direktur, dan
yang memberikan laporan kepada direktur adalah wakil direktur.
Jika
perusahannya besar maka manajer dalam beberapa tingkatan yang menyatu dalam
struktur organisasi dianggap sebagai eksekutif.
Dalam
perusahaan kecil mungkin hanya ada satu eksekutif atau tidak ada. Istilah CEO
(Chief Executive Officer) atau Kepala Eksekutif adalah seseorang yang
berada pada tingkat puncak hirarki organisasi, dijabat oleh satu orang dan sama
fungsinya seperti pimpinan dewan dalam beberapa organisasi, direktur, atau CEO.
Apa yang
dikerjakan Eksekutif ?
Manajer
perencanaan strategis mempunyai tanggung jawab untuk menetapkan tujuan atau
arah perusahaan untuk jangka panjang, memperhatikan apa yang sedang terjadi
dalam perusahaan dan ingin memastikan apakah terjadi kemajuan mengenai apa yang
ia lakukan. Juga bertanggung jawab terhadap kesejahteraan perusahaan (Company
Oriented).
Menurut Henri Fayol
Semua
manajer melakukan fungsi-fungsi manajemen yang sama : Merencanakan,
mengorganisasikan, menyusun Staf, mengarahkan, dan mengendalikan.
Menurut Mintzberg
Semua
manajer menjalankan semua peranan, namun orientasinya berbeda menurut
tingkatannya. Misalnya manajer berperan sebagai desisional yaitu sebagai
entrepreneurial, dan mengatasi gangguan yang tidak diperkirakan, sementara
menyerahkan pengalokasian sumberdaya dan negosiasi kepada para manajer di
bawahnya.
KEBUTUHAN
INFORMASI BAGI EKSEKUTIF
Eksekutif menggunakan informasi dari
komputer terutama dalam perencanaan dan pengendalian. Eksekutif menggunakan Sistem Informasi Eksekutif untuk
mengakses status saat ini, memproyeksikan trend dan melakukan analisis pribadi
atas data yang berupa database berisi informasi mengenai
berbagai data industri, pelanggan, pesaing dan unit-unit bisnis dalam tiga
periode waktu, masa lalu, masa kini dan masa depan.
0 komentar:
Posting Komentar