ISI DAN MATERI
Isi dari Tulisan Ilmiah memenuhi
aspek-aspek berikut ini :
1. Relevan dengan jurusan dari mahasiswa
yang bersangkutan.
2. Mempunyai pokok permasalahan dan
batasan yang jelas.
3. Masalah dibatasi, sesempit mungkin,
memenuhi kaidah penelitian ilmiah.
Ø KAIDAH PENULISAN
Dalam
penyusunan Penelitian Ilmiah harus memperhatikan kaidah sebagai berikut:
1.
Asli, yaitu karya tulis ilmiah merupakan hasil
pemikiran penulis sendiri bukan plagiasi, jiplakan atau disusun dengan tidak
jujur.
2.
Manfaat, yaitu karya tulis ilmiah memiliki urgensi
karena diperlukan, dan mempunyai nilai manfaat pada masing-masing bidang sesuai
jenis jabatan fungsionalnya.
3.
Substansi, yaitu materi karya tulis ilmiah yang
disajikan harus merupakan bagian dari tugas utama masing-masing pejabat
fungsional.
4.
llmiah, yaitu karya tulis ilmiah didasari oleh kaidah
keilmuan yang memiliki struktur logika dan terbuka terhadap pengujian
kebenaran.
5.
Konsisten, yaitu karya tulis ilmiah relevan dengan
lingkup tugas utama masing-masing pejabat fungsional.
6.
Objektif, yaitu penulis tidak boleh:
a.
Mengganti fakta dengan dugaan;
b.
Menyembunyikan kebenaran dengan menggunakan makna
ganda (ambiguitas);
c.
Berbohong dengan mengacu data statistik;
d.
Memasukkan dugaan pribadi dalam karya tulisnya.
Ø STRUKTUR
TULISAN ILMIAH
Susunan
struktur Tulisan Ilmiah adalah sebagai berikut :
1.
Bagian Awal
2.
Pendahuluan
3.
Tinjauan Pustaka/ Landasan Teori.
4.
Gambaran Umum Perusahaan 2 s/d 7
5.
Analisa dan Hasil/ Perancangan dan Implementasi Bagian Pokok
6.
Penutup (yang terdiri dari Simpulan dan Saran)
7.
Daftar Pustaka
8.
Bagian akhir
1. Bagian Awal
Bagian Awal, terdiri atas :
Ø Halaman
Judul
Ditulis
sesuai dengan cover depan Tulisan Ilmiah standar Universitas Gunadarma.
Ø Lembar
Pengesahan
Dituliskan
Judul PI, Nama, NPM, Tanggal Sidang, Tanggal Lulus, dan tanda tangan
Pembimbing,
Kasubag. PI, serta Ketua Jurusan, sesuai dengan jurusan masing-masing.
Ø Abstrak
dan Abstract
Berisi
ringkasan dari tulisan. Maksimal 1 halaman saja, dalam bahasa Indonesia dan
bahasa
Inggris.
Ø Kata
Pengantar
Berisi
ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan dalam pelaksanaan
penelitian
tulisan ilmiah yakni : Rektor, Dekan, Ketua Jurusan, Kasubag PI,
Pembimbing,
Perusahaan, Keluarga, Rekan-rekan, dan lain-lain.
Ø Daftar
Isi (dibuat dalam 2 turunan penomoran, lihat di bagian belakang petunjuk ini).
Ø Daftar
Tabel
Ø Daftar
Gambar Bila ada
Ø Daftar
Lampiran
2. Pendahuluan
Pendahuluan menguraikan pokok persoalan,
terdiri dari :
Ø Latar
Belakang
Menguraikan
mengapa penulis sampai kepada pemilihan topik permasalahan yang
bersangkutan.
Ø Batasan
Masalah/ Ruang Lingkup
Memberikan
batasan yang jelas bagian mana dari persoalan yang dikaji.
Ø Tujuan
Menggambarkan
hasil yang diharapkan dari penelitian ini dengan memberikan jawaban
terhadap
masalah yang diteliti.
Ø Metode
Penelitian
Bagian metode penelitian menjelaskan
secara rinci setiap kegiatan yang dilakukan untuk menjawab tujuan yang sudah
diuraikan pada bab 1. Bagian ini juga menjelaskan peralatan dan bahan yang
dibutuhkan dalam penelitian (jika ada). Inti dari bagian ini adalah pembaca
dapat melakukan ulang persis seperti peneliti lakukan berdasarkan uraian yang
diberikan peneliti dalam bagian ini. Semua langkah-langkah yang dilakukan tidak
boleh ada yang ditutupi, dan dijelaskan secara kronologis dan sistematis. Untuk
penelitian ilmu komputer, bagian ini dapat diisi dengan uraian peralatan yang
dibutuhkan, algoritma/ metode yang digunakan, prosedur implementasi (mengacu
pada SDLC).
Contoh bagian Metode Penelitian yang
dapat digunakan sebagai rujukan (tidak mutlak
harus seperti ini, tergantung dari kebutuhan masing-masing):
Perangkat yang Dibutuhkan
Contoh:
Penelitian ini membutuhkan perangkat
keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang dibutuhkan adalah satu (1) unit
komputer pribadi lengkap dengan spesifikasi minimum........Perangkat lunak yang
dibutuhkan adalah......
Prosedur Pembuatan Aplikasi
Pada bagian ini dijelaskan prosedur
pembuatan aplikasi dengan detil, bukan pembuatannya. Contoh:
Pembuatan aplikasi dilakukan dalam
beberapa tahap:
1. pembuatan rancangan input. Rancangan
input dibuat menggunakan algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang digunakan,
jangan dijelaskan rancangan inputnya di sini).
2. pembuatan rancangan output. Rancangan
output dibuat menggunakan algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang
digunakan, jangan dijelaskan rancangan outputnya di sini).
3. pembuatan logika pemrograman. Logika
program dibuat menggunakan bentuk diagram alur.
4. pembuatan naskah program. Naskah
program dibuat menggunakan bahasa pemrograman......
Uji Coba Aplikasi
Dijelaskan dengan detil bagaimana uji
coba aplikasi dilakukan dan apa yang diamati
dalam uji coba tersebut. Contohnya:
Uji coba aplikasi didahului dengan
proses debugging. Program yang sudah valid dan terverifikasi,
selanjutnya dijalankan selama ... kali. Hal yang diperhatikan selama berjalannya
program adalah konsistensi output yang dihasilkan..........dst...dst.
Ø Sistematika
Tulisan Ilmiah
Memberikan gambaran umum dari bab ke bab
isi dari Tulisan Ilmiah, dibuat/ diurai
dalam paragraf.
3. Tinjauan Pustaka
Menguraikan teori-teori
yang menunjang tulisan/ penelitian (definisi, pengertian, dan lainlain), yang
bisa diperkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya. Dapat pula ditambahkan
Tool/ Program penunjang yang digunakan untuk membantu penelitian,
sebatas sejarah perkembangan, kelebihannya, keuntungan dan keterbatasan tool.
Tidak perlu memasukkan manualnya. Dianjurkan untuk memasukkan minimal satu
artikel (dari jurnal/ prosiding) yang mendukung. Penunjukkan referensi perlu
dimasukkan jika pada bab ini dikutip.
4. Gambaran Umum Perusahaan (untuk yang
melakukan penelitian/ kerja praktek di
perusahaan)
Menguraikan
secara singkat profil perusahaan tempat dilakukannya kerja praktek/ penelitian.
Dibuat bab sendiri (tidak termasuk dalam landasan teori).
5. Analisa dan Hasil ATAU Perancangan
dan Implementasi
Bagian ini dapat dipecah menjadi
beberapa bab (misalnya Bab 3 dan Bab 4) tergantung
kebutuhan :
Ø Hasil
Penelitian (Analisis Perusahaan)
Menguraikan
hasil penelitian yang mencakup semua aspek yang terkait dengan penelitian.
Ø Perancangan
dan Implementasi
Menguraikan tentang perancangan dari
aplikasi yang akan dibuat, dapat berupa tampilan rancangan layout input, output
atau hasil dan menguraikan bagaimana cara membuat aplikasi tersebut, berikut
tampilan hasilnya. Setiap hasil berupa gambar ataupun tabel, diceritakan atau
dideskripsikan. Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak disebutkan
untuk penggunaan akhir dari aplikasinya. Jika membuat situs, ada bagian tersendiri
untuk menceritakan cara menggunggah situs. Jika melakukan uji coba program ditambahkan
bagian tersendiri hasil kuesioner preferensi user
6. Penutup
Ø Simpulan
Berisi
jawaban dari tujuan yang diajukan penulis pada Bab 1, yang diperoleh dari penelitian.
Ø Saran
Ditujukan
kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan pengembangan penelitian.
Saran
lebih ditujukan bagi pengembangan dari aplikasi atau situs.
7. Daftar Pustaka (menggunakan sistem
Harvard, author-date style)
Ø Berisi
daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dan lain-lain), yang digunakan dalam
Tulisan.
Ø Berisi
informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk
setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah
harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang
muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan.
Ø Nama
pengarang asing ditulis dengan format : nama keluarga, nama depan (dibalik).
Nama pengarang Indonesia (ras ASIA)
ditulis normal (tidak dibalik).
Ø Gelar
tidak perlu dituliskan.
Ø Setiap
pustaka diketik dengan jarak satu spasi (rata kiri). Jarak antara satu pustaka
dengan pustaka lainnya diberi jarak 2X enter.
Ø Semua
nama pengarang ditulis lengkap.
Ø Tahun
terbit disarankan minimal tahun 2005 (maksimal 10 tahun di belakang), kecuali pustaka
yang ‘langka’.
Ø Sumber
pustaka lainnya dari jurnal/ prosiding atau internet non formal.
Sistem
Harvard menggunakan nama penulis dan tahun publikasi dengan urutan
pemunculan berdasarkan nama penulis secara alfabetis. Publikasi dari penulis
yang sama dan dalam tahun yang sama ditulis dengan cara menambahkan huruf a, b,
atau c dan seterusnya tepat di belakang tahun publikasi (baik penulisan dalam
daftar pustaka maupun sitasi dalam naskah tulisan). Alamat Internet ditulis
menggunakan huruf italic. Terdapat banyak varian dari sistem Harvard yang
digunakan dalam berbagai jurnal di dunia.
8. Bagian Akhir
Ø Daftar
Simbol
Berisi
deretan simbol-simbol yang digunakan di dalam tulisan, lengkap dengan
keterangannya.
Ø Lampiran
Penjelasan tambahan, dapat berupa
uraian, program, gambar, perhitungan-perhitungan, grafik, atau tabel, yang
merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagianbagian terkait
sebelumnya.
Ø TEKNIK
PENULISAN
1. Penomoran Bab serta subbab
Ø Bab
dinomori dengan menggunakan angka latin.
Ø Subbab
dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor bab/
subbab
dimana bagian ini terdapat.
Contoh :
2.
JUDUL BAB
2.1. Judul Subbab
2.2. Judul Subbab
2.2.1. Judul Sub-Subbab
- Penulisan nomor dan judul bab di
tengah dengan huruf besar, ukuran font 14, tebal.
- Penulisan nomor dan judul subbab
dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar, ukuran
font 12, tebal.
- Judul Subbab ditulis dengan font
style bold (cetak tebal), dimulai dari sebelah kiri, huruf
pertama setiap kata ditulis dengan huruf
besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti
preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”,
“pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”);
kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”,
“karena”).
2. Penomoran Halaman
Ø Bagian
Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil (i,ii,iii,iv,…).
Posisi
di tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul dan lembar pengesahan,
nomor halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.
Ø Bagian
Pokok, nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama dari bab pertama
adalah halaman nomor satu. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal bab di bagian
bawah tengah, sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.
Ø Bagian
akhir, nomor halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin dan merupakan
kelanjutan dari penomoran pada bagian pokok.
3. Judul dan Nomor Gambar/ Grafik dan
Tabel
Ø Judul
gambar/ grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar.
Ø Judul
tabel diketik di sebelah atas tengah dari tabel.
Ø Penomoran
tergantung pada bab yang bersangkutan,
contoh
: Gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di bab 3.
Ø
Penunjukkan gambar dan tabel dengan
menyebutkan nomornya, misal “ ..... yang ditunjukkan pada Gambar 3.1.“, TIDAK
BOLEH “..... yang ditunjukkan pada gambar di atas/ bawah“.
4. Format Pengetikan
Ø Menggunakan
kertas ukuran A4.
Ø Margin
Atas : 3 cm, Bawah : 3 cm
Ø Margin
Kiri : 4 cm, Margin Kanan : 3 cm
Ø Jarak
spasi : 1,5 (khusus ABSTRAK dan ABSTRACT hanya 1 spasi)
Ø Jenis
huruf (Font) : Times New Roman.
Ø Ukuran
/ variasi huruf : Judul Bab 14 / Tebal, Huruf Kapital, Isi 12 / Normal, Subbab
12 / Tebal
5. Format Lain
Ø
Tidak boleh ada singkatan, misal dll,
sbb, a.l; harus diuraikan; dan lain-lain, sebagai
berikut,
antara lain.
Ø
Untuk singkatan lain, perlu disebutkan
satu kali kepanjangannya baru singkatannya,
untuk
selanjutnya boleh digunakan singkatannya saja, misal Video Display Unit (VDU).
Ø
Sedapat mungkin, kata asing
di-Indonesia-kan. Jika belum ada kata serapannya, kata
asing
tersebut dibuat dalam font italic.
Ø Tidak
boleh ada kata ganti orang dalam tulisan, misal Anda, Kita, Kamu.
Ø Buat/
ubah kalimat menjadi kalimat informasi atau kalimat berita/ ilmiah.
6. Hasil Tulisan/ Kerja Praktek :
Ø
Diseminarkan dengan membawa bahan/
materi presentasi yang dibuat dalam format file
presentasi,
baik dalam bentuk softcopy (disimpan dalam flashdisk/ CD) maupun
dalam
bentuk
hardcopy (dicetak pada lembar plastik transparansi)
Ø
Dijilid berbentuk buku (3 eksemplar
untuk penguji, boleh asli atau fotokopi) dengan
jumlah
halaman bagian pokok paling sedikit 50 (limapuluh) halaman tidak termasuk
cover,
halaman judul, daftar isi, kata pengantar dan lampiran
Ø Diketik
dengan menggunakan aplikasi pengolah kata legal atau open source antara
lain : Office, Open Office, LaTeX, dsb dengan mengikuti aturan ini
Ø Dicetak
dengan printer (dianjurkan dengan LASER PRINTER)
Referensi:
0 komentar:
Posting Komentar